Kamis, 02 April 2009

Panduan Buat perusahaan small retail

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai suatu usaha atau memasuki dunia usaha:
• Merintis usaha baru (starting)
1. Perusahaan milik sendiri (sole proprietorship), bentuk usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh seseorang.
2. Persekutuan (partnership), suatu kerjasama (aosiasi) dua orang atau lebih yang secara bersama-sama menjalankan usaha bersama.
3. Perusahaan berbadan hukum (corporation), perusahaan yang didirikan atas dasar badan hukum dengan modal saham-saham.
• Dengan membeli perusahaan orang lain (buying)
• Kerjasama manajemen (franchising)

Sebagai pengelola dan pemilik usaha (business owner manager) atau pelaksana usaha kecil (small business operator), ia harus memiliki:
• Kecakapan untuk bekerja
• Kemampuan mengorganisir
• Kreatif
• Lebih menyukai tantangan

Dalam merintis usaha baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
• Bidang dan jenis usaha yang dimasuki.
Beberapa bidang usaha yang bisa dimasuki, diantaranya:
1. Bidang usaha pertanian (pertanian, kehutanan, perikanan, dan perkebunan).
2. Bidang usaha pertambangan (galian pasir, galian tanah, batu, dan bata).
3. Bidang usaha pabrikasi (industri perakitan, sintesis).
4. Bidang usaha konstruksi (konstruksi bangunan, jembatan, pengairan, jalan raya).
5. Bidang usaha perdangan (retailer, grosir, agen, dan ekspor-impor).
6. Bidang jasa keuangan (perbankan, asuransi, dan koperasi).
7. Bidang jasa perseorangan (potong rambut, salon, laundry, dan catering).
8. Bidang usaha jasa-jasa umum (pengangkutan, pergudangan, wartel, dan distribusi).
9. Bidang usaha jasa wisata (usaha jasa parawisata, pengusahaan objek dan daya tarik wisata dan usaha sarana wisata).
• Bentuk usaha dan kepemilikan yang akan dipilih.
Ada beberapa kepemilikan usaha yang dapat dipilih, diantaranya perusahaan perseorangan, persekutuan (dua macam anggota sekutu umum dan sekutu terbatas), perseroan, dan firma.
• Tempat usaha yang akan dipilih.
Dalam menentukan tempat usaha ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:
􀂃 Apakah tempat usaha tersebut mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan maupun pasar?
􀂃 Apakah tempat usaha dekat dengan sumber tenaga kerja?
􀂃 Apakah dekat ke akses bahan baku dan bahan penolong lainnya seperti alat pengangkut dan jalan raya
• Organisasi usaha yang akan digunakan.
• Kompleksitas organisasi usaha tergantung pada lingkup atau cakupan usaha dan skala usaha. Fungsi kewirausahaan dasarnya adalah kreativitas dan inovasi, sedangkan manajerial dasarnya adalah fungsi-fungsi manajemen. Semakin kecil perusahaan maka semakin besar fungsi kewirausahaan, tetapi semakin kecil fungsi manajerial yang dimilikinya.
• Lingkungan usaha
Lingkungan usaha dapat menjadi pendorong maupun penghambat jalannya perusahaan. Lingkungan yang dapat mempengaruhi jalannya usaha/perusahaan adalah lingkungan mikro dan lingkungan makro.
Lingkungan mikro adalah lingkungan yang ada kaitan langsung dengan operasional perusahaan, seperti pemasok, karyawan, pemegang saham, majikan, manajer, direksi, distributor, pelanggan/konsumen, dan lainnya.
Lingkungan makro adalah lingkungan diluar perusahaan yang dapat mempengaruhi daya hidup perusahaan secara keseluruhan, meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan teknologi, lingkungan sosial, lingkungan sosiopolitik, lingkungan demografi dan gaya hidup.

Sebelum membuat panduan buat memulai suatu usaha atau bisnis online via web, kita terlebih dahulu harus mengetahui keuntungan dari bisnis di internet antara lain :
-) Bisa bekerja dimana saja
-) Internet adalah jaringan yang mendunia
-) Investasi dalam bisnis online adalah merupakan investasi jangka panjang ataupun
seumur hidup
-) Kita tidak harus menjadi seorang web desainer atau web programer sejati untuk
bisnis di internet
-) Untuk memulai bisnis di internet kita hanya butuh modal sedikit
-) Target pemasaran sangat luas bahkan keseluruh dunia



Berikut ini adalah step by step bagaimana konsep yang jelas memulai bisnis di internet
1) Pelajari pangsa pasardan kebutuhan orang-orang di internet
Internet adalah jaringan komunikasi global (mendunia)dan semua informasi
didalamnya tidak dapat begitu saja dicerna oleh kita. Perbanyak browsing dan
surfing, Pergunakan situs-situs pencari seperti Yahoo, Google, MSN, dll. Dan
tentukan jenis bisnis atau usaha yang ingin kita jual di internet.
2) Pelajari dasar-dasar membuat halaman situs
Dasar penguasaan yang kita butuhkan dalam membuat dan publikasi halaman situs
internet adalah bahasa HTML dan CSS. Kita juga bisa mendapatkan buku HTML dan CSS
pada toko buku terdekat. Bahasa HTML sangat mudah dipelajari, yang diperlukan
hanyalah mengenal kode-kode yang dibutuhkan dalam publikasi halaman website.
3) Kita butuh Web Hosting dan Domain
Web hosting adalah tempat untuk memasukkan halaman situs kita dan domain adalah
alamat situs kita di Internet. Ibarat seperti kita ingin membuka bisnis, kita
butuh nama toko dan alamat tempat usaha ataupun situs yang hanya berisi informasi
iklan.
4. Rancang situs yang simpel dan menarik
Apakah yang dibutuhkan pengunjung untuk betah berlama-lama mengunjungi situs
kita? Kita harus ingat kunci utama merancang situs yang profesional = 80% isi
(content) dan sisanya 20% dari desain Untuk apa desain yang keren-keren, tetapi
pengunjung dikit?
Kita bukan Programmer ataupun Web Desainer?
- Kita bisa membayar/menyewa web desainer/developer handal
- Pengen FREE? > manfaatkan teknologi Open Source CMS
Banyak Script-Script yang sudah jadi dan siap diinstall pada web hosting seperti
WordPress, Mambo, Joomla, dan lain-lain. Cek www.hotscripts.com sebagai referensi
utama
5. Jagalah kredibilitas Situs Kita
Peniruan isi/content situs orang lain adalah pekerjaan yang tidak profesional.
Maka jaga kualitas dan originalitas isi halaman situs kita. Usahakan agar situs
kita dapat memberikan service dan keuntungan yang bernilai jual tinggi bagi
pengunjung
6. Cari Traffic atau Pengunjung sebanyak-banyaknya
Ada banyak cara promosi di internet, temukanlah cara yang paling efisien dan
mengena sasaran pengunjung kita. Bentuk jaringan bisnis sebanyak mungkin
diInternet. Pergunakanlah sarana Komunitas yang ada sebagai tahap awal promosi
kita.
- Kunjungi dan banyak diskusi di forum-forum yang sesuai bidang bisnis kita
dengan posting yang menarik.Biasanya tiap akhir posting situs, kita dibolehkan
memasukkan informasi link situs kita pada signature forum.
- Tukaran link dengan situs yang punya traffic yang tinggi.
- Kunjungi situs blog orang lain dan beri komentar yang tidak muluk-muluk dan
sewajarnya.
- Hargai tiap ada peluang meletakkan link dihalaman situs orang lain.
7. Sering-sering update halaman situs Kita
Pikirkan bagaimana cara menarik pengunjung untuk kembali lagi ke halaman situs
kita.Perbaharui situs kita dengan berita-berita atau info terbaru agar pengunjung
suka kembali mampir ke situs Kita.
8. Berikan sesuatu untuk pengunjung, tidak hanya mengharap penjualan saja
Dengan hadiah-hadiah undian dan bonus-bonus menarik,maka pengunjung akan sering
membantu mempromosikan situs kita pada teman-temannya. Berikan informasi yang
menarik, tawaran sepesial, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar